Selasa, 05 Januari 2016

Jumeneng Dalem Paku Alam X, Kadipaten Puro Pakualaman

 Kadipaten Puro Pakualaman Yogyakarta akan menggelar prosesi jumeneng dalem Paku Alam X. 



Gladi Kirab Jumeneng Dalem Paku Alam X, Minggu (3/1/2016)/ Foto: Edzan Raharjo

Prosesi jumeneng dalem ini akan digelar pada hari Kamis 7 Januari 2016.
Berbagai persiapan di Kadipaten Puro Pakualaman mulai dilakukan. Di antaranya gladi kirab ageng dan juga persiapan panggung untuk para undangan.

Gladi kirab ageng melibatkan kereta kencana yang akan digunakan untuk kirab saat prosesi. Setelah gladi kirab ageng sore harinya dilanjutkan dengan gladi upacara adat penobatan di Bangsal Sewatama Puro Pakualaman Yogyakarta.

 Ketua kirab jumeneng dalem Pakualam X, Widihasto Wasana Putra mengatakan kirab ini dilakukan untuk menyesuaikan konsep perencanaan dengan praktik di lapangan.

Rangkaian kirab ageng meliputi rangkaian pembuka yakni mobil voorijder, marching band dan Paskibraka. Rangkaian utama; gajah, manggala yudha, bendera kadipaten, prajurit lombok, kereta Kyai Manik Kumolo, Kereta Rejo Pawoko (ampil dalem), kereta baru (Jolodoro), kereta Rara Kumenyar, kereta Kyai Brajanolo, kereta Kyai Manik Brojo, Prajurit Palngkir.






 Kereta Kyai Jolodoro foto by Herri Suryatmoko


Sedangkan untuk rangkaian penutup yakni marching band, mobil ambulans dan mobil pendukung.

 "Kereta Kyai Manik Kumala adalah kereta yang telah berusia dua abad. Untuk gajah yang terlibat dalam kirab ageng ada empat ekor,"kata Widihasto pad Gladi Kirab Ageng Jumeneng Dalem Paku Alam X di Kadipaten Puro Pakualaman Yogyakarta, Minggu 03/01/2016.

Pelaksanaan gladi kirab diawali dengan apel siaga petugas pengamanan jumeneng dalem. Total semua petugas pengamanan sebanyak 2.500 orang yang berasal dari unsur TNI/Polri, instansi pemerintah terkait, organisasi masyarakat, perguruan pencak silat serta berbagai komunitas lainnya.

Rute kirab yang dilalui yakni  jalan Sultan Agung, Gajahmada, Bausasran, Gayam, Cendana, Kusumanegara dan kembali ke Pakualaman. #Edzan Raharjo - detikNews


Site plan pelaksanaan Jumeneng Dalem KGPAA Paku Alam X



 Alur Prosesi Jumeneng Dalem K.G.P.A.A. Paku Alam X pada hari Kamis Legi, 7 Januari 2016.



Klik like :  Kabar Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar