Lebaran Idul Fitri 2015 memang masih menghitung
bulan. Namun, bagi masyarakat yang sudah merencanakan untuk mudik ke
kampung halaman merayakan Lebaran dengan menggunakan moda
transportasi kereta api, tiket mudik sudah dapat dibeli sekarang.
Sistem pemesanan tiket H-90 sebelum keberangkatan yang diterapkan PT
KAI memberi kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan
jauh hari sebelum keberangkatan. Untuk keberangkatan H-7 Lebaran yang
jatuh pada tanggal 10 Juli 2015 misalnya, masyarakat sudah dapat
melakukan pembelian tiket pada tanggal 11 April 2015 pukul 00.00 WIB.
Berikut adalah rincian jadwal pembelian tiket KA mudik Lebaran 2015 :
-
Tanggal Dibukanya PemesananTanggal Keberangkatan11 AprilH-710 Juli12 AprilH-611 Juli13 AprilH-512 Juli14 AprilH-413 Juli15 AprilH-314 Juli16 AprilH-215 Juli17 AprilH-116 Juli18 AprilH117 Juli19 AprilH218 Juli20 AprilH+119 Juli21 AprilH+220 Juli22 AprilH+321 Juli23 AprilH+422 Juli24 AprilH+523 Juli25 AprilH+624 Juli26 AprilH+725 Juli27 AprilH+826 Juli28 AprilH+927 Juli29 AprilH+1028 Juli
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan
ketersediaan tiket mudik dan balik Lebaran 2015, PT KAI menambah
kapasitas angkut KA jarak jauh dan sedang dari 79.654 seat
per hari tahun lalu menjadi 88.676 seat per hari pada tahun
ini. “Ada penambahan sekitar 11% dari tahun lalu karena tahun ini
ada tambahan KA-KA baru, seperti Jayabaya, Kamandaka, dan Malioboro
Ekspres,” ungkap Direktur Komersial PT KAI, Bambang Eko Martono.
“Angka tersebut hanya KA reguler, belum termasuk KA tambahan
lebaran dan KA lokal,” imbuhnya.Bagi masyarakat yang ingin
memanfaatkan moda transportasi KA untuk perjalanan mudik/balik
Lebarannya, dapat melakukan pembelian tiket KA di semua channel
penjualan tiket seperti Contact Center 121,
tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket,
kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, dan berbagai channel
lainnya. Masyarakat juga dapat melakukan pembelian tiket KA Lebaran
dengan memanfaatkan fasilitas layanan pembelian tiket terbaru dari PT
KAI, yaitu mesin e-kiosk yang soft-launching-nya telah
dilakukan PT KAI pada 13 Maret 2015 lalu. Untuk meningkatkan layanan
kepada masyarakat pengguna jasa KA, khususnya menjelang masa angkutan
Lebaran 2015 ini, PT KAI akan menyediakan masing-masing 2 unit mesin
e-kiosk di Stasiun Gambir dan Bandung dan masing-masing 1 unit di
Stasiun Bogor, Bekasi, Jatinegara, dan Manggarai. Ke depan, PT KAI
berencana akan menyediakan fasilitas mesin e-kiosk ini di seluruh
stasiun besar.
Sementara itu, untuk mengantisipasi tingginya
traffic pembelian tiket pada Rail Ticketing System (RTS),
beberapa persiapan telah dilakukan oleh PT KAI, diantaranya dengan
melakukan penambahan bandwidth dari 80 Mbps menjadi 120
Mbps, meningkatkan kapasitas backend server ticketing
sebesar 3 (tiga) kali lipat dibanding kapasitas tahun lalu, dan
melakukan peningkatan security system. “Dengan peningkatan
fasilitas dari segi teknologi informasi (TI) ini diharapkan dapat
semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pembelian tiket KA,”
ungkap EVP Information System PT KAI, Mukti Jauhari.
Selain itu, untuk memaksimalkan pelayanan pada
Contact Center 121, PT KAI juga melakukan penambahan personil
operator terutama pada waktu-waktu puncak pemesanan tiket (pk 00 s.d.
06.00 WIB) dari 10 orang menjadi 50 orang.
Kepada masyarakat yang telah berhasil melakukan
pembelian tiket via channel eksternal, PT KAI mengimbau
untuk segera melakukan pencetakan tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri
(CTM) yang tersedia di stasiun. “Hal ini untuk menghindari
hilangnya struk pembayaran dan antrian panjang pencetakan tiket
menjelang keberangkatan KA,” tambah Direktur Komersial PT
KAI. (Corcomm PT KAI) http://www.kereta-api.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar