Selasa, 28 April 2015

Gunungkidul :

Merti Desa / Rasulan, Desa Beji Patuk Gunungkidul

 




 


Desa Beji Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul minggu siang mengelar Tradisi Kirab Budaya dalam rangkaian Merti Desa 2015.
Bupati gunungkidul Hj. Badringah S,Sos berkenan hadir dan melepas peserta pawai budaya didepan pendopo Balai Desa beji didampingi Kepal Kodim gunungkidul.

Dalam sambutanya Bupati gunungkidul menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada warga desa beji yang telah mempertahankan serta melestarikan tradisi budaya dalam hal ini Bersih Desa/Rasulan sebagai alat silahturahmi serta mempererat kebersamaan antar warga dusun se Desa Beji. Dalam bahasa jawa Bupati Gunungkidul juga berpesan agar tradisi budaya ini tetap dilestarikan, supaya tradisi dan potensi gunugkidul tidak punah dan semakin dikenal oleh dunia luar.




Agenda Merti Desa/Rasulan Desa Beji, patuk, gunungkidul diantaranya;
  • Upacara adat minggu siang 26 april 2015 pukul 12:00 WIB hingga selesai kirab budaya keliling desa, dilanjutkan rebutan gunungan hasil bumi, pembagian doorprize dengan iringan grup kesenian campursari dari gunungkidul.
  • Hari kedua 27 april 2015 pentas kesenian kuda lumping bertempat didepan pendopo balai desa beji, kenduri di masing-masing pedukuhan pukul 10:00 WIB – selesai , pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Alfian Anggoro Mukti dari Ngeposari, Semanu, Gunungkidul.
  • Pengajian Akbar penutupan acara Bersih Desa/Rasulan dan menyongsong Ramadhan 1436 H, akan digelar pada hari sabtu 02 mei 2015 pukul 20:00 WIB – selesai di kompleks Balai Desa Beji.
Desa Beji terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul dengan berbagai pontensi seni budaya serta keindahan alam yang tak kalah menarik dengan daerah lain
“Nguri-nguri budaya tradisi serta memunculkan aneka potensi wisata baru semoga Gunungkidul khususnya Desa Beji akan semakin maju pertumbuhan ekonominya dan semakin dikenal” ucap Bupati Gunungkidul dalam pidato berbahasa jawa.

#admn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar