Senin, 07 Maret 2016

Tawur Agung Kesanga 2016 Dipusatkan Candi Prambanan

Hari Raya Nyepi 2016 jatuh pada 9 Maret nanti. Saat itu, seluruh umat Hindu melakukan catur brata penyepian di rumah masing-masing, yakni amati geni, amati karya, amati lelungan, dan amati lelanguan.
Sebelum Nyepi, umat Hindu Dharma Indonesia melakukan upacara keagamaan, seperti Melasti dan Tawur Agung Kesanga. Upacara Melasti dilaksanakan di pantai beberhapa hari sebelum Nyepi, sedangkan Tawur Agung sehari sebelum Nyepi.


Begitu juga umat Hindu yang berada di Jawa Tengah dan Yogyakarta, mereka melakukan upacara Tawur Agung Kesanga yang dipusatkan di Komplek Candi Prambanan pada Selasa 8 Maret 2016.
Sejumlah persiapan sudah dilakukan panitia upacara yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Terdapat janur kuning melengkung di gerbang pintu masuk sisi timur dan selatan kompleks Candi Prambanan untuk penyambutan.
Panggung untuk menempatkan sesaji terdapat di sisi timur candi. Beberapa tenda juga sudah berdiri untuk ibadah umat Hindu, besok. Sementara jika kepanitiaan di fasilitasi oleh Pemda DIY berada di sisi selatan Candi Prambanan.
"Tahun ini kepanitiaan dari Jawa Tengah, lokasinya di sisi timur candi. Kalau tahun lalu dari Yogya, lokasi sembahyangan di sisi selatan," kata Bambang, petugas sekurity Candi Prambanan, Senin (7/3/2016).
Upacara keagamaan ini rutin digelar setiap tahun. Prosesi diawali dengan pengambilan air suci di sumur Bondowoso, kompleks Istana Ratu Boko. Selanjutnya, dibawa menuju kompleks Candi Prambanan.
Sesampainya di Candi Prambanan, para membawa air itu mengelilingi Candi Siwa sebanyak tiga kali searah jarum jam. Lalu, menyerahkan air suci itu pemuka agama Hindu untuk didoakan.
"Pengambilan air suci dilakukan pagi hari, rombongan jalan kaki dari Prambanan menuju Candi Boko, kembali lagi ke Candi Prambanan," paparnya.
Upacara Tawur Agung diakhiri dengan doa dan memercikan air suci itu. Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriani Jokowi dijadwalkan turut hadir, begitu juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo maupun Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.
"Informasinya dihadiri RI 1 (Presiden Jokowi) besok," kata Kepala Penerangan Korem 072/Pamungkas, Mayor M. Munasik dikonfirmasi pagi tadi.
Terdapat beberapa tarian sebagai penyambutan. Termasuk, mengarak ogoh-ogoh yang ditandu beberapa penari pria.

Teks : Prabowo/okezone
Foto : Kompas/Ferganata Indra Riatmoko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar