Sabtu, 28 Desember 2013

Tahun Baru, Kaliurang Dimeriahkan Kirab Budaya

 Menyambut perayaan tahun baru 2014, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar)Kabupaten Sleman menyusun sejumlah agenda. Kepala Disbudpar Sleman Ayu Laksmi Dewi mengatakan, tahun ini ditargetkan 15.000 wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke objek wisata unggulan.

Di antaranya kawasan wisata Kaliurang meliputi Tlogo Putri, Panggung Gembira, Museum Ullen Sentalu, Volcano Tour, dan Museum Gunung Merapi, serta kompleks Candi Prambanan-Boko "Secara keseluruhan, target itu meningkat dari 2012 yang hanya 10 ribu pengunjung," ucapnya.

Melalui event tahun baru, pihaknya berharap ada peningkatan jumlah wisatawan. Di objek wisata Kaliurang, agenda perayaan pergantian tahun sudah disiapkan sejak Jumat (27/12) berupa Festival Lampion yang diikuti 16 kelompok masyarakat setempat.

Hasil karya lampion ini akan dipajang di sepanjang jalur utama Kaliurang mulai pintu gerbang utama sampai kawasan Tlogoputri hingga 31 Desember 2013. Untuk memeriahkan festival, seluruh pelaku wisata di Kecamatan Cangkringan juga diimbau untuk memasang obor di sepanjang jalan Kaliurang.

Pada malam pergantian tahun akan digelar Kirab Budaya bertema "Obor Merapi Sapit Urang". Acara yang dimulai pukul 19.30 itu akan diikuti oleh 10 kelompok bergodo dengan rute kirab mulai patung udang–patung monyet –taman kanak-kanak–pertigaan beringin – patung elang dan berakhir di Tlogoputri.

"Setelah menyaksikan kirab, pengunjung dapat menyaksikan pesta kembang api dan hiburan pentas seni. Di antaranya campur sari, karawitan, orkes melayu, dan elektone," kata Ayu.

Selain Kaliurang, acara perayaan tahun baru juga dipusatkan di Lapangan Denggung. Pada Selasa (31/12) digelar lomba lukis anak dilanjutkan pentas seni berbagai kesenian.
 
#KabarJogjakarta 29/12/13  
Foto @VisitKaliurang Sumber: SuaraMerdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar