Sabtu, 03 September 2016

Yuk Ikut Program Kompetisi Nasional Festival Film Pelajar Jogja 2016

Bertema Persahabatan dan Perdamaian, Festival FIlm Pelajar Jogja 2016 
Tambah Kategori Eksperimental



Memasuki tahun ketujuh penyelenggaraannya, Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) 2016 menambah kategori, yaitu Eksperimental. Pengembangan ini dimaksudkan untuk mewadahi ruang ekspresi pelajar yang ingin menyuarakan ide/gagasannya tanpa hambatan teknis. Selain itu, ruang partisipasi yang lebih luas juga dibuka untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar/SD dan Sekolah Menengah Pertama/SMP serta yang setara.

Sebelumnya, sejak 2010, program Kompetisi Nasional yang dibuka untuk pelajar SMA/setara dari pelbagai penjuru Nusantara ini hanya mengkompetisikan kategori film pendek Fiksi dan Dokumenter. Kategori ini kemudian ditambah dengan Video Musik mulai tahun 2014 dan Video Testimonial tahun 2015.

Kompetisi Nasional FFPJ telah diikuti oleh 713 karya film pendek pelajar sejak penyelenggaraan pertama 2010. Karya-karya pelajar Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Papua Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta hadir dengan keunikannya masing-masing. Partisipan yang datang saat hari pelaksanaan festival jumlahnya antara 100-300 orang tiap tahun dari pelbagai sekolah/daerah. Tahun ini, kehadiran peserta dan karya-karya yang beragam dari seluruh penjuru Nusantara diharapkan lebih memaknai festival sederhana ini.

Pada penyelenggaraan tahun 2016 ini, tim program FFPJ membuka Kompetisi Nasional dengan tema khusus, yaitu Video Persahabatan dan Perdamaian. Kompetisi ini membersamai kategori lain dan merupakan wujud perhatian serius FFPJ terhadap dinamika kehidupan sehari-hari di pelbagai belahan dunia. Aksi kekerasan dan radikalisme di pelbagai wilayah hadir dengan beragam bentuknya. Peristiwa intimidasi, intoleransi, penyebaran kebencian, pelarangan dan pemaksaan kehendak, teror bom, dll., terjadi di depan mata. Hal ini menjauhkan iklim persahabatan dan perdamaian antarmanusia dan lingkungannya. Pemikiran dan kegiatan nyata untuk memperbaiki hal ini harus dilakukan. Festival Film Pelajar Jogja ingin menjadi bagian dari kerja sederhana yang mendorong berkecambahnya persahatan dan perdamaian dunia.

Beberapa jenis penghargaan yang akan diberikan pada momen kali ini adalah sebagai berikut.
1. Karya Terbaik Video Persahabatan dan Perdamaian untuk tingkat SD/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari Yayasan Mata Air Jakarta.

2. Karya Terbaik Video Persahabatan dan Perdamaian untuk tingkat SMP/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari Yayasan LKiS Yogyakarta.

3. Karya Terbaik Video Persahabatan dan Perdamaian untuk tingkat SMA/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari PP. GP. Ansor – Bidang Informatika dan Komunikasi Jakarta.

4. Karya Terbaik Film Anti Korupsi untuk tingkat SMA/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award Jakarta.

5. Karya Terbaik Film Perempuan untuk tingkat SMA/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari PurpleCode Jakarta.

6. Karya Terbaik Film Anak untuk tingkat SMA/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari Hompympaa Artworks Yogyakarta.

7. Karya Terbaik Kategori Fiksi untuk tingkat SMA/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

8. Karya Terbaik Kategori Dokumenter untuk tingkat SMA/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari Rumah Dokumenter Indonesia.

9. Karya Terbaik Kategori Eksperimental untuk tingkat SMA/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari Banon Arts Yogyakarta.

10. Karya Terbaik Kategori Musik untuk tingkat SMA/setara mendapatkan Piala dan Piagam dari Perkumpulan Sindikat Musik Penghuni Bumi (Simponi) Jakarta.

11. Seluruh karya yang lolos seleksi mendapatkan Piagam dari Panitia Festival Film Pelajar Jogja 2016.

Pendaftaran dibuka hingga 17 Oktober 2016 (cap pos). Karya peserta dikirimkan via pos dalam bentuk cakram DVD (PAL system) file .avi atau .mp4 bersama dengan formulir pendaftaran yang sudah diisi dan kelengkapan karya lainnya. Tiap 1 (satu) DVD berisi 1 (satu) karya. Info detail mengenai persyaratan pendaftaran bisa dilihat di http://filmpelajar.com/node/9173.

 Wahyu Ari Wicaksono #kabarindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar